Wednesday, December 21, 2011

'Blasteran' Indonesia

Halo semua... Kali ini aku mau bahas sekelumit tentang orang-orang disekitarku yang 'berkaitan' dengan Indonesia, secara jasmani ataupun rohani *wedew* dan baru kali ini aku temui selama aku belajar di UK. Setelah aku bertemu mereka, aku semakin sadar kalau dunia itu SEMPIT!

Pertama, aku ketemu seorang teman asal Jerman, sebut saja Risa *nama disamarkan* *wedew* Kita satu kelompok tutorial Matematika: Aljabar Linear dan tiap minggu selalu ketemu. Dia jago deh matematika nya *image asli orang Jerman*. Dia sekolah di informatika juga, tapi di jurusan Cognitive Science.

*Sekilas tentang Cognitive Science: Cognitive science ialah ilmu tentang bagaimana proses berpikir itu. Yang aku tahu mereka belajar tentang bahasa, isyarat, yaa.. seperti pelajaran linguistik begitu. Jadi semua bahasa dan isyarat itu dilogika-kan sama mereka. Aku lebih mudah mengerti apa itu Cognitive Science, saat aku baca perbedaannya sama Artificial Intelligence (AI), soalnya aku lebih tertarik sama AI :3 Di buku yang aku baca disini, Cognitive Science itu masuk kategori 'weak AI' yang artinya ada limit untuk banyaknya intelegensia yang bisa dimasukkan dalam suatu mesin, yang berarti manusia lebih 'pintar' dari mesin.*

Ok, kembali ke topik awal. Wajahnya emang nggak 'bule banget' gitu. Terus, waktu pertama kali itu dia bilang gini, "Aku boleh nanya nggak?" *nggak..nggaak boleh,, wakakakk* *ini anak aneh banget kok ngomong gitu* "Kamu asli mana?" .. Ya, aku bilang aku dari Indonesia. Eh, ternyata eh ternyata, ibunya asli Sumatera, Indonesia, book... Lumayan sering kalo pas liburan, Risa ini mampir ke Indonesia, terakhir kesana sekitar 3 tahun yg lalu. Wah, dunia itu sempit ya!

Ternyata, bukan Risa saja yang punya 'sejarah' sama Indonesia. Kapan hari waktu aku hadir di acara ulang tahun sahabatku di flatnya, salah satu flatmate nya itu orang Ceko yang semua keluarganya tinggal di Indonesia. Soalnya pada kerja disana..Wow! Dunia.. emang lebih kecil dibanding daun kelor!

Hora.. masih ada lagi lho.
- Ada yg bpknya orang Indonesia, ibunya org Singapura

- Ada teman nya temanku *temanmu juga kali, det* orang Newcastle punya sahabat pena orang Indonesia

- Ada yang nggak kalah unik nih, classmate nya sahabatku, orang Lithuania, pernah belajar di Jerman sama kakak kelas SMA ku. Eh, gue ketemunya malah di UK. hahaha...

Oke, sekian dulu ceritaku. Makasih pembaca setiaku :)

No comments: