Friday, January 27, 2012

Ilmu Pengawuran

Kita semua pasti pernah denger kan sama yang satu ini. Kata-kata itu familiar bagiku sejak aku duduk di bangku SMP. Ilmu itu biasanya kita gunakan kalo lagi ujian, terus kita stuck di satu pertanyaan. Terus, biasanya kita pake itu di detik-detik sebelum waktu ujian berakhir, ketika pikiran blank karena cemas, tidak mengingat konsep apapun yang berhubungan dengan soal itu.

Terus aku inget banget, setelah ujian, teman-teman kita biasanya bilang,"Tenang aja.. guru kita itu baik kok kalo ngasih nilai, paling nggak ada ONGKOS TULIS." :)

Dengan ketergantunganku pada ONGKOS TULIS, tanpa kusadari ternyata mindset itu aku bawa sampai sekarang, di perkuliahan, walaupun di luar negeri.


Saat ujian akhir disini (di UK), aku masih menggunakan ilmu pengawuran itu, di detik terakhir seperti biasa. Dengan harapan, ada pernyataan yang 'nyantol' lah paling nggak, di bagian terkecil dari soal sekalipun, hehe.

Namun ternyata aku salah. Tuhan telah menunjukkan jalan-Nya dengan menyadarkanku untuk mengubah mindset ku yang tidak baik selama ini, bahwa, kita harus melakukan segala sesuatu dengan sungguh-sungguh dan optimal, jangan setengah-setengah. Bersungguh-sungguh dalam memahami konsep pelajaran yang diajarkan.

Pelajaran bagiku selama di UK : Aku melihat bahwa ujian bukanlah sesuatu yang ada bukan untuk menakut-nakuti kita, ataupun untuk menambah hiasan indah di rapor kita, tetapi benarlah untuk penguji kemampuan. Sejauh mana kita paham tentang konsep dasar dan logika yang diajarkan. Untuk yang ngerti dapat 100, dan yang nggak ngerti, atau malah ngawur, ya dapet 0.

Jadi, untuk kancah muda sekalian *ceileh* *aku juga*, jangan pernah mengawurkan konsep *hayyah*, karena konsep itu adalah yang paling penting yang harus kita tanam dalam otak kita. Terdengar kejam sih ya sebenernya, tapi penting juga tuh untuk kita para generasi muda penerus bangsa *cieeh* biar ke depannya kita tidak bekerja ngawur atau asal-asalan :) Kalau pun kita mau mengubah konsep, kita harus punya penjelasan yang kuat, dan didasari pada bukti yang benar. and never give up :)

Sekian

Edinburgh, UK
27th January 2012 at 11:38 a.m
Inspired by my first exam results in University *please don't ask how're they :p*

No comments: